Tentang HRC

Housing Resource Center (HRC) digagas oleh pada pakar perumahan perkotaan, UN-Habitat, Pemerintah Provinsi DIY, dan Kemenpera pada Oktober 2006 pasca bencana gempa bumi di DIY. Didukung MoU (Memorandum of Understanding) antara Kementerian Perumahan Rakyat dengan Pemerintah DIY, HRC diinisiasi sebagai kebutuhan yang mendesak untuk dibentuk. HRC berperan sebagai intermediari dalam rangka mewujudkan sinergi berbagai sumber daya perumahan perkotaan dari pemerintah,
kalangan profesi, akademisi, dunia usaha, dan masyarakat, dalam upaya bersama menyelenggarakan perumahan yang layak huni, terjangkau, dan berkesinambungan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Pada tahun 2008, HRC fokus mengembangkan berbagai kegiatan terkait perumahan dan pembangunan perkotaan. Pada skala nasional, HRC mengembangkan penelitian kebijakan perumahan dan tata ruang. Pada skala kota, HRC mengembangkan penelitian pengembangan kebijakan perumahan perkotaan, berupa analisa kebijakan perkotaan, studi rumah susun, formulasi cetak biru perumahan dan kawasan  umuh, manajemen persampahan dan pengembangan kota hijau.

Pada skala kawasan, HRC melakukan pengembangan kawasan, antara lain perencanaan dusun dan desa,  penataan rumah di kawasan agropolitan dan minapolitan, penataan kawasan potensial. Pada skala  permukiman, HRC mengembangkan studi kelayakan dan pembiayaan kawasan, melalui slum upgrading dan peningkatan kualitas perumahan dan permukiman. Pada skala rumah, HRC mengembangkan klinik rumah sehat, yaitu konsultasi desain rumah, akses pembiayaan dan informasi rumah sehat. Pada skala kompetensi, HRC mengembangkan pelatihan, jejaring dan konsultasi melalui Lurah Institute.

Bekerjasama dengan UN-Habitat dalam program-programnya di Indonesia, membantu HRC dalam meningkatkan kapasitasnya ke tingkat yang lebih tinggi sebagai lembaga yang madani, profesional, dan inovatif dalam memobilisasi sumber daya perumahan dan perkotaan.

Misi HRC adalah menjadi sumber daya bidang perumahan dan permukiman yang mendukung pembangunan perumahan dan perkotaan yang sehat, layak huni, terjangkau, dan berkelanjutan, dengan basis komunitas. Untuk mewujudkan ini, HRC telah bekerja sama dengan banyak pihak dan instansi terkait dalam pemerintahan, universitas, swasta, asosiasi dan lembaga masyarakat.

Ke depannya, HRC akan memperkuat diri agar dapat mencapai visi sebagai organisasi terdepan di bidang sumber daya perumahan dan perkotaan dengan mempertahankan nilai-nilai utama yaitu profesional, mandiri, integratif, serta fokus pada kebutuhan komunitas.

11 thoughts on “Tentang HRC

  1. salut atas kepedulian dengan hunian untuk MBR.
    jujur, saya tertarik untuk bergabung.
    mari bangun jogja dengan properti…

  2. boleh, untuk tahu lebih banyak tentang kegiatan kami, silakan berkunjung ke kantor kami, Ngadisuryan 11 (belakang kandang gajah Alun-alun Kidul) pada hari kerja, Senin-Jumat 8.00 – 17.00. kalau berkenan mampir, lebih baik telepon dulu ke 0274 372828, bisa ketemu dengan Tia (Manager) atau Sani (Program Coordinator), atau email ke hrc.jogja@gmail.com. terimakasih atas perhatiannya.

  3. mbak/mas….

    mau tanya…masih buka lowongan buat mahasiswa lagi gag……

    di kul kami gag ada magang ataupun kerja praktek…

    namun saya dan teman saya tertarik untuk tau tentang permukiman…..

    mungkin ada lowongan utnuk diikutkan dalam kegiatan…….

    terima kasih

  4. To: Erma
    Ya kami masih buka program magang/KP di HRC (boleh ajak teman lainnya juga), silahkan berkunjung ke kantor kami, Ngadisuryan 11 (belakang kandang gajah Alun-alun Kidul) pada hari kerja, Senin-Jumat 8.00 – 17.00. Nanti bisa bertemu dengan Sigit (staf operasinal) untuk info dan pendaftaran KP di HRC. Terimakasih atas perhatiannya.

  5. mau tanya mabk/mas..
    pendaftaran buat magang paling lambat kapan ya?
    aku tertarik banget ma kegiatan di HRC,
    and syaratnya apa aja…
    tengkyu

    • To: Inas
      HRC masih buka progam internship/magang di HRC, silahkan datang saja ke kantor HRC di Jln. Ngadisuryan no 11, alun-alun kidul, belakang kandang gajah. Untuk informasi, saat ini sudah ada internship baru dari teman-teman Fakultas Geografi UGM, kalau bisa cepat datang saja ke kantor HRC untuk penguruasan dan pendaftaran. Terimakasih atas perhatiannya.

  6. Saya Zulfi, kemarin sempat mampir ke HRC untuk ngobrol2 dg Mbak Nurul,,,

    Makasih buat infonya,,, hasil ngobrol2 kemarin saya gunakan untuk menulis artikel sekitar perumahan untuk tugas kuliah…

  7. salam kenal to HRC,..HRC pertama mendengar,melihat,mengamati kok jd penasaran, sy sebagai pelaku jasa konstruksi jd tertarik lebih jauh,kayaknya ada senerginya antara jasa konstruksi dan HRC untuk itu kami ingin tahu tentang HRC.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s