Housing Needs Assessment(HNA)

ilustrasi

Pendataan Kebutuhan Perumahan atau Housing Needs Assessment adalah inventarisasi dan analisis kebutuhan perumahan pada suatu periode tertentu. Pendataan ini berusaha untuk menemukan kemampuan pasar, saat ini maupun diproyeksikan di masa depan, untuk menyediakan perumahan dalam berbagai tingkatan harga maupun jenis kepemilikan.

Pendataan kebutuhan perumahan dilakukan untuk mempersiapkan program yang menyeluruh di tingkat kelurahan, yang bisa juga dimanfaatkan bagi kepentingan pemerintah dan pihak lain yang memerlukannya.

Pendataan Kebutuhan Perumahan bermanfaat untuk:

  1. Mendasari upaya-upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat
  2. Melengkapi kebutuhan data administratif kelurahan
  3. Menentukan prioritas pembiayaan untuk program perumahan
  4. Mendeskripsikan dan mengevaluasi kondisi perumahan
  5. Mengajukan pendanaan
  6. Advokasi perumahan dan kesadaran masyarakat
  7. Mengembangkan database perumahan
  8. Menjadi sumber informasi mengenai kebutuhan perumahan masyarakat
  9. Melengkapi proses hukum
  10. Melengkapi kebutuhan pihak swasta maupun pemerintah yang akan meminjamkan dana

Kebutuhan perumahan dapat ditentukan dengan melihat pilihan para keluarga akan rumahnya di masa mendatang. Pilihan mereka yang diperhitungkan adalah:

  • membeli atau menyewa,
  • berapa kemampuan mereka untuk membiayai, dan
  • tipe rumah yang diinginkan.

Kebutuhan perumahan dapat dikatakan mencukupi ketika ketiga hal diatas dapat dipenuhi sesuai dengan kebutuhan semua penduduk di satu area.

Pendataan kebutuhan perumahan yang menyeluruh harus memperhitungkan kepemilikan, penghasilan terhadap harga rumah, dan tipe rumah yang menggambarkan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Pendekatan berdasar permintaan pasar seringkali tidak bisa menggambarkan kondisi kebutuhan masyarakat yang sesungguhnya. Hal yang biasa terjadi adalah bahwa penyediaan rumah baru tidak sesuai dengan keinginan/kebutuhan dan kemampuan  masyarakat di area tersebut untuk membiayainya.

Sebagai contoh, di daerah Sleman saat ini muncul perumahan-perumahan baru dengan harga sangat mahal, yang tidak mungkin terjangkau oleh penduduk asli daerah tersebut. Oleh karena itu harus ada sistem affordable housing yang berada diluar mekanisme pasar.

Affordable housing adalah perumahan yang disediakan untuk sewa atau dijual dengan tingkatan harga yang bisa dijangkau secara berkelanjutan oleh penduduk setempat yang membutuhkannya.

Menurut Herefordshire Housing Needs Assessment (2005), affordable housing dapat dikategorikan menjadi:

  1. Perumahan bersubsidi yang disediakan oleh organisasi berdasarkan permintaan, melalui sewa atau kepemilikan bersama. Melalui kepemilikan bersama, penghuni rumah membayar bunga berkelanjutan kepada pemerintah daerah atau asosiasi pengelola perumahan.

 

  1. Perumahan berbiaya rendah yang dijual di pasaran, ditujukan untuk keluarga baru, bujangan, orang tua, dan rumah tangga berpenghasilan rendah lainnya, yang tidak mampu menyewa atau membeli rumah yang tersedia secara umum di pasar terbuka.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s