Serut, Potret Dusun dengan Perencanaan

IMG_1109B

Serut, mungkin nama wilayah ini jarang terdengar, dan bila anda lihat dipeta Kabupaten Bantul pasti tidak akan terlihat. Serut, merupakan potret dusun yang ditata dengan perencanaan partisipatif bersama masyarakat sehingga sekarang masyarakat menikmati hasil kerja kerasnya, dengan perubahan yang terjadi di wilayahnya.

Dusun Serut terletak di Desa Palbapang, Kecamatan Bantul jadi sebelah selatan dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Bantul. Proses perencanaan partisipatif ini diawali pada saat terjadi gempa bumi tahun 2006, walaupun sebelumnya dusun ini sering menjadi tempat percontohan program pembangunan di Kabupaten Bantul, terutama yang terkait dengan pertanian organik dan partisipasi masyarakat.

Proses belajar dan membangun dusun ini, dilakukan bersama dengan lembaga perumahan HRC, yang pada saat itu dibentuk oleh Kementeriaan Perumahan Rakyat sebagai wadah berkumpul masyarakat untuk diskusi, konsultasi dan belajar segala hal terkait dengan rumah dan lingkungannya. Untuk lebih detil kegiatannya silahkan kunjungi web sitenya www.hrcindonesia.org

Proses perencanaan diawali dengan rembug warga, pengumpulan data awal dan kebutuhan, kemudian memetakan data eksisting rumah dan kepemilikannya. Setelah itu mengolah data dan menyusun peta dusun untuk dianalisa dan dijadikan rencana peruntukan kawasan dusun. Hasil perencanaan tersebut di uji publik ke masyarakat untuk kesesuaian  dengan kebutuhan masyarakat.

Perencanaan partisipatif tersebut menghasilkan rencana yang memang menjadi kebutuhan masyarakat antara lain rencana penataan/penguatan kandang kelompok, rencana budidaya tanaman hias, rencana pertanian organik, rencana karamba untuk ikan air tawar, rencana ruang hijau edukatif,  percontohan septictank komunal, rencana perbaikan drainase dan jalan desa, rencana pembuatan jalan/gang baru, rencana pembuatan Gedung Serba Guna, rencana Tempat Pembuangan Sampah dan rencana komposting.

Dusun Serut di tahun 2010 berbeda dengan Serut pada tahun 2006, setelah tiga tahun perencanaan berjalan, masyarakat mulai merasakan inilah potret dusun yang memiliki perencanaan. Hampir sebagian besar dari rencana kegiatan lima tahunan sudah terealisasi dan memberi dampak positif terhadap perubahan ekonomi menuju lebih baik.

Bila anda berkunjung ke dusun Serut, anda akan diterima di sebuah rumah baca ‘Jayari’ dari kayu yang merupakan desain dari arsitek ternama Jogja, Eko Prawoto. Anda kemudian akan ditawari untuk rute perjalanan dari menikmati jalan dusun yang sudah nyaman, pengolahan sampah organik menjadi komposting yang melibatkan orang-orang cacat akibat gempa. Tidak hanya itu pengolahan sampah non organik menjadi kerajinan  juga ada beberapa kelompok, yang bisa anda jadikan oleh-oleh, setelah anda lelah akan disuguhi olahan beras organik yag sehat dengan sayuran-sayuran yang dipanen dari polybag tanaman milik masyarakat.

Kalau anda ingin belajar tentang perencanaan partisipatif, silahkan datang ke Dusun Serut. Bahkan mereka sudah siap dengan paket-paket kunjungan, pelatihan maupun studi banding dengan homestay rumah-rumah penduduk. Selamat mencoba…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s