Siapkan Tas Belanjamu Untuk Bumi Yang Lebih Baik

siapkan tas belanjamu untuk bumi yang lebih baik

 

Siapkan Tas Belanjamu Untuk Bumi Yang Lebih Baik

Sadar nggak sih, kalau Indonesia jadi salah satu  penyumbang terbesar akan  sampah plastik yang dibuang ke laut setiap tahunnya. Wuihh..Salah satu yang berperan dalam hal ini adalah adanya kebiasaan yang telah melekat di penduduk Indonesia.

Kesadaran akan buruknya penggunaan kantong plastic akan segera di implementasikan . Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang kantong plastic berbayar akan segera dikeluarkan. Sebanyak kurang lebih 22 Pemerintah Kota akan segera menerapkan kebijakan kantong plastic berbayar dengan tujuan untuk mengurangi jumlah sampah plastic. Ke 22 kota tersebut yaitu Jakarta, bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, medan, Balikpapan, Banjarmasin, Maksar,Ambon, Papua, Jayapura, Pekanbaru, Banda Aceh, Kendari dan Yogyakarta. Uji coba kebijakan tersebut akan dimulai pada 21 Februari 2016 bersamaan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia ( Aprindo ) mendukung rencana kantong plastic berbayar tersebut dan masih membahas mekanisme yang akan diterapkan antara lain harga untuk kantong plastic berbayar .

Jadi jika selama ini kalau kita berbelanja di swalayan akan mendapat plastic secara gratis , nantinya akan dikenai biaya. Dengan adanya kebijakan ini diharapkan akan membangun kesadaran masyarakat untuk membawa tas berbelanja sendiri. Mari kita dukung kebijakan ini demi bumi yang kita tinggali ini..

republika.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s