Sosialisasi Bidang PLP “Memanen Air Hujan”

memanen hujanHari Senin dan Selasa, 14-15 September 2015, HRC berpartisipasi dalam kegiatan Sosialisasi Memanen Air Hujan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum di Hotel Pandanaran, Yogyakarta.

Beberapa topik yang diangkat adalah konsep Memanen Air Hujan dan implementasi Eko-Drainase dengan Bapak Dr. Ing. Ir. Agus Maryono sebagai narasumber, Aplikasi Air Hujan untuk

Pembudidayaan Ikan Koi dan Arwana di Komunitas Kali Kuning oleh Pak Santoso, dan Restorasi Kali Belik dan Pemantauan Banjir Kali Belik oleh Bapak Muhammad Sulaiman, S.T., M.T., D.Eng.

Peserta kegiatan sosialisasi ini terdiri dari para pejabat di lingkungan Dinas D.I. Yogyakarta, komunitas-komunitas sungai di D.I. Yogyakarta, para pakar di bidang pelestarian air dan pakar di bidang sipil. Pada hari pertama peserta diberikan materi-materi terkait konsep dan manfaat memanen air hujan dan peragaan alat panen air hujan. Pada hari kedua, para peserta diajak bersama-sama merakit alat memanen air hujan dan menyusun rencana aksi sosialisasi panen air hujan.

 Setelah kegiatan sosialisasi ini, masyarakat diharapkan lebih mengenal konsep Memanen Air Hujan di beberapa wilayah D.I. Yogyakarta khususnya untuk sudah mulai menerapkan alat Memanen Air Hujan, baik untuk kegiatan rumah tangga, ekonomi maupun untuk fasilitas umum.

Sosialisasi Bidang PLP “Memanen Air Hujan” 01 Sosialisasi Bidang PLP “Memanen Air Hujan” 02 Sosialisasi Bidang PLP “Memanen Air Hujan” 04

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s