3 Karya Inovasi SMA/ SMK Terpilih sebagai Pemenang pada Kompetisi Karya Inovasi & Teknologi, Penyebaran Informasi dan Pameran Teknologi Ke-PU-an DIY

coaching clinic juaraBalai Pengujian, Informasi Permukiman dan Bangunan, dan Pengembangan Jasa konstruksi (Balai PIPBP-JK) melalui Pusat Informasi Pengembangan Permukiman dan Bangunan (PIP2B) yang  menjadi wadah penyebaran berbagai informasi yang dilakukan dibidang ke-PU-an menyelenggarakan Kompetisi Karya Inovasi & Teknologi tingkat SMA/SMK.

 Dalam sambutanya, Kepala Seksi Informasi Permukiman & Bangunan, Ibu Kusumastuti Sri Winahyu, ST menyatakan “Kegiatan kompetisi  ini menjadi wadah bagi siswa/i SMA /SMK sebagai aset masa depan untuk menampilkan hasil karya atas   ide-ide dan inisiatif dalam pembangunan”.

Kompetisi karya inovasi dan teknologi ini merupakan rangkaian dari kegiatan coaching clinic, yaitu sosialisai inovasi dan teknologi kepada masyarakat. Kompetisi yang diselenggarakan di Gedung Pusat Informasi Pengembangan Pemukiman dan Bangunan (PIP2B), jalan Kenari No.14 A Yogyakarta ini menjadi ajang untuk memilih 3 karya inovasi dan teknologi terbaik yang kemudian akan di sosialisasikan kepada masyarakat luas dengan harapkan dapat menjadi alternatif teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

 Kegiatan yang diadakan pada tanggal 20 Agustus 2015 di Gedung PIP2B ini menampilkan 9 karya yang telah lolos seleksi. Kompetisi ini mengusung tema “Strategi Peningkatan Kualitas Permukiman”. Dari kegiatan ini diharapkan dapat memunculkan ide dan karya yang baru dalam mengatasi masalah permukiman tidak layak yang selama ini masih menjadi permasalahan di Yogyakarta.

Akhir acara, para juri menetapkan tiga pemenang, yaitu SMK N 2 Depok sebagai Juara I dengan judul karya “Penjernih Air”. Juara II dimenangkan oleh SMA N 1 Yogyakarta dengan karya “Bendung Karamba Portable Penyaring dan Penjernih Limbah Industri pada Sungai untuk Peningkatan Kualitas sebagai Bahan Baku Air Minum”, dan Juara III diraih oleh SMK SMTI Yogyakarta dengan judul karya “Melinjo sebagai Alternatif Sumber Energi Terbarukan untuk Meningkatkan Potensi Lokal Hasil Samping Pengrajin Emping”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s