Mahditia Paramita: Merencanakan Kawasan untuk Masa Depan

Mahditia Paramita

Setamat kuliah di Katholieke Universiteit Leuven, Belgia, Paramita bergabung dengan Housing Resource Center (HRC), organisasi nirlaba di Yogyakarta yang bergerak di bidang perumahan dan tata kota. Setahun setelah bergabung, HRC mulai menghadapi masalah dana. Dukungan dari sejumlah lembaga, termasuk pendanaan dari Kementerian Perumahan Rakyat, mulai berhenti. Pada tahun 2009, kesulitan keuangan di HRC makin parah. Dukungan dari berbagai lembaga yang menginisiasi HRC benar-benar berhenti. Paramita pun dihadapkan pada dua pilihan: menutup HRC atau mempertahankan organisasi tanpa dukungan finansial

yang pasti. Paramita akhirnya memilih mempertahankan HRC dengan mendirikan yayasan pada 2009. Setelah memutuskan menjadi lembaga mandiri, HRC mulai menjadi konsultan dan mengerjakan aneka proyek terkait tata kota dan perumahan yang bisa menghasilkan uang. Kini HRC bahkan memiliki tiga perusahaan yang juga bergerak sebagai konsultan di bidang perumahan, perencanaan kawasan, dan pengembangan teknologi tepat guna.

Salah satu program unggulan HRC yang telah berjalan adalah pengembangan kawasan, khususnya dalam lingkup dusun dan desa. Dalam program pengembangan kawasan, HRC bermitra dengan pemerintah, masyarakat, dan lembaga lain untuk membangun suatu kawasan, baik berupa dusun maupun desa, agar menjadi tempat tinggal yang nyaman sekaligus memiliki daya saing. Program pengembangan kawasan berjalan di Dusun Serut, Desa Palbapang, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Kepala Dusun Serut, Rahmad Tobadiyana menerima program pengembangan kawasan di Dusun Serut dengan tangan terbuka. Selain di Dusun Serut, HRC juga membantu perencanaan kawasan di wilayah lain, misalnya di Desa Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah; Kelurahan Tegalpanggung, Kota Yogyakarta; dan di wilayah Kali Code, Yogyakarta. Program HRC yang cukup unik adalah Klinik Rumah Sehat, yakni layanan konsultasi dan desain rumah untuk masyarakat, terutama mereka yang berpenghasilan rendah. Melalui program Klinik Rumah Sehat, HRC melayani masyarakat yang ingin membangun rumah sesuai kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Program Klinik Rumah Sehat digelar di kantor HRC ataupun di pusat kegiatan masyarakat, termasuk sejumlah kelurahan di Yogyakarta.

Sumber: Kompas, Selasa 5 Mei 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s