Vertical Garden Solusi Hijau yang Ramah Lingkungan

Keterbatasan lahan bukan lagi halangan untuk memiliki lingkungan yang hijau dan sehat. Pasokan udara alami yang berasal dari tumbuhan kini dapat dinikmati melalui taman yang berorientasi vertikal. Namun kita terlanjur berpikir bahwa vertical garden tidak awet dan sulit dalam pengaplikasiannya. Dengan bahan plastik dan ban bekas yang didaur ulang, kita dapat membuat recycled vertical garden.

Double green solution

Setidaknya ada dua upaya menyelamatkan lingkungan jika menggunakan recycled vertical garden. Pertama, kita telah berusaha menyumbang oksigen untuk meredam pemanasan global. Kedua, dengan pemanfaatan material plastik dan ban bekas, kita telah membantu pengurangan sampah yang masa terurainya ratusan tahun. Vertical garden ini terbuat dari plastik dan ban bekas yang dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dibuat jadi granule dan dibentuk menjadi Eco Recycling Mesh Pipe atau ERMEP yang kuat.

Aplikasi, keuntungan dan variasi penggunaan

Vertical garden sudah menjadi gaya hidup di kota-kota besar dunia. Negara-negara di Eropa, Singapura, Jepang, dan negara-negara besar lain sudah banyak mengaplikasikannya. Misalnya Eco Park Ancol, Eco Park Sentul City, Airport Palangkaraya, dan tempat-tempat lainnya. Pemasangannya pun termasuk mudah dan praktis. Hanya perlu dilubangi untuk tanaman, dimasuki tanah kemudian ditanami tumbuhan.

Tedapat beberapa keuntungan jika menggunakan vertical garden. Diantaranya dapat meningkatkan area tanam sampai tiga kali lipat, kebun dapat dengan mudah dipindahkan, media tanam dapat disterilkan dengan pemanasan suhu tinggi, hemat air dengan sistem pengairan permeable, mengurangi masalah nutrisi tanaman dan menjaga tanah tetap bersih. Selain untuk taman vertikal, recycled vertical garden juga dapat dibuat pot gantung yang cantik. Modifikasi dengan aquarium tempel di dinding pun dapat menjadi aksen menarik di rumah. Jika Anda senang berkebun, recycled vertical garden dapat ditanami tanaman buah dan sayuran.

Gerakan menuju kota sehat

Dengan adanya recycled vertical garden, mimpi untuk menciptakan kota-kota yang sehat semakin mungkin untuk diwujudkan. Salah satu syarat untuk memiliki kota yang sehat ialah Ruang Terbuka Hijau atau RTH pada kota tersebut harus 30%. Sedangkan Jakarta hanya memiliki RTH dibawah 6% karena. Recycled vertical garden ini dapat diaplikasikan di berbagai tempat. Tak hanya di halaman rumah, taman-taman kota, halaman gedung dan public space lainnya juga dapat mengaplikasikan recycled vertical garden. Kini lahan terbatas bukan lagi halangan untuk menyehatkan kota.

bintanghome.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s