Siaga Musim Hujan

Musim penghujan telah tiba, ada berbagai masalah yang muncul saat musim ini. Misal adanya genangan air di area rumah atau area kompleks perumahan. Penyebabnya bisa saja curah hujan yang tinggi atau saluran (selokan) pembuangan yang tersumbat akibat sampah dan sedimentasi lumpur akibat jarang dibersihkan. Jika rasa kebersamaan di kompleks cukup kuat, tidak ada salahnya menjadi pelopor untuk menghidupkan kembali gotong royong untuk bersama-sama membersihkan selokan.

Mulai area rumah

Area terkecil dalam sebuah permukiman adalah rumah perorangan. Di sekitar area rumah terdapat saluran pembuangan (selokan) untuk mengalirkan air limbah rumah tangga. Saluran ini umumnya jarang dibersihkan karena hanya mengalirkan debit air yang tidak banyak dari rumah. Akibatnya ada banyak sedimentasi lumpur maupun sampah yang menumpuk. Musim hujan ini menjadi momentum yang tepat untuk segera membersihkannya.

Hal kecil lain yang bisa dilakukan dengan membuat lubang biopori sebanyak mungkin di area taman depan dan belakang. Diharapkan dengan adanya lubang biopori akan mengurangi debit genangan air pada taman. Selain itu, bisa dijadikan sumber cadangan air tanah yang baik.

Membersihkan area kompleks

Untuk wilayah yang lebih luas, tidak ada salahnya sesama penghuni kompleks untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga saluran airnya, bisa dengan mengajak tetangga kompleks atau satu RT/RW untuk ikut serta membersihkan saluran air. Meski terlihat sepele, gotong royong dalam membersihkan saluran air pastinya akan berpengaruh pada aliran air agar tidak berlama-lama di dalam kompleks.

Area yang mesti dijaga kebersihannya mulai dari saluran air depan rumah hingga saluran utama di luar kompleks. Harapannya semakin lancar air, maka genangan yang terjadi dalam kompleks akan sedikit berkurang.

Kolam buatan

Apabila dalam kompleks masih ada lahan terbuka yang disediakan pengembang dan belum difungsikan secara optimal, tidak ada salahnya area tersebut dijadikan kolam buatan untuk menampung sementara air hujan. Luasnya bisa disesuaikan dengan kondisi lahan dan kebutuhan. Area kolam juga dapat dijadikan taman yang asri dengan menanam berbagai jenis pohon di sekitarnya. Meskipun hanya terbatas dan tidak begitu luas, dengan adanya kolam buatan ini bisa sangat membantu mengurangi genangan air yang ada.

bintanghome.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s