Lokasi SRK (Safari Rural Karst)

Dukuh Institute's photo.
.

  1. Pantai Siung : Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan tebing-tebing tinggi di sisi barat yang dapat digunakan untuk kegiatan rock-climbing. Ditambah dengan kuliner tradisional khas Gunungkidul yang disediakan warung setempat membuat kunjungan wisata semakin mengesankan.
  2. Pantai Lambor : Merupakan tempat tinggal berbagai hewan (darat maupun laut) endemik. Aneka hewan tersebut diantaranya kera ekor panjang, landak, trenggiling, burung dara batu, burung elang laut, dll.
  3. Pantai Jogan : Pantai bebatuan karang yang dihuni ribuan kepiting. Keistimewaannya adalah adanya air terjun yang langsung terjun ke pantai. Air terjun tersebut sekaligus menjadi lokasi canyoning (turun dari air terjun dengan menggunakan seutas tali).
  4. Gua Senen : Pintu masuk gua ini tergolong tipe vertikal, sehingga untuk memasuki gua ini harus turun menggunakan seutas tali sedalam ±8 meter.
  5. Gua Plelen : Berbeda dengan Gua Senen, Gua Plelen merupakan gua dengan tipe horizontal. Untuk menjelajahinya wisatawan hanya perlu berjalan kaki menyusuri gua berair ini. Di sepanjang penjelajahan tidak hanya akan menemukan berbagai jenis bentuk batuan, tetapi juga dapat menemui aneka satwa gua seperti kelelawar, lele putih (albino), amblipygy, dll.
  6. Gua Gebyok-Cekelan : Jalur penjelajahan horizontal maupun vertikal dapat ditemui di gua ini. Dalam penjelajahannya diperlukan ketahanan fisik yang kuat karena wisatawan akan menyusuri gua selama sekitar 10 jam, dimulai dari Gua Gebyok dan keluar di Gua Cekelan.

dukuhinstitute.com

Leave a Reply

