Septic Tank Biofil Ramah Lingkungan

Perkembangan zaman dan tingkat pertumbuhan penduduk yang cepat dan pemukiman yang semakin padat dan berhimpitan mempunyai banyak kendala atau persoalan, salah satunya adalah masalah sanitasi lingkungan sekitar dan semakin sulitnya mendapatkan air bersih dari air tanah di sekitarnya. Masalah sanitasi ini dapat menggangu kesehatan penduduk sekitar maupun lingkungannya.
.
Sanitasi yang buruk akan menimbulkan pencemaran lingkungan yang dapat mencemari air tanah yang dipakai sehari hari oleh warga, misalnya dengan memakai septic tank konvensional rembesan yang dapat menimbulkan problem air tanah sekitar tercemar bakteri e coli yang berasal dari tinja dan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia apabila tertelan atau termakan.
.
Cara kerja septic tank biofil, pertama tinja atau urine yang masuk ke kompartemen pertama melalui saringan awal atau yang dapat disebut bar screen yang berfungsi memisahkan limbah yang organik atau yang anorganik. selanjutnya limbah domestik feses atau tinja atau urine masuk kekompartemen pertama secara over flow atau mengikuti arus air yang ada.
.
Selanjutnya limbah yang berasal dari kompartemen pertama masuk ke dalam kompartemen kedua secara over flow, di mana di dalam kompartemen kedua ini terdapat media filter mega cell  yang berfungsi sebagai tempat tumbuh berkembangnya bakteri pengurai tinja dan media filter ini sifatnya dinamis dan berputar putar apabila ada arus air dari bawah, sehingga terjadi rotasi penguraian limbah tinja, urine oleh bakteri pengurai tinja.
.
Selanjutnya setelah limbah masuk kedalam kompartemen kedua dan telah mengurai tinja ataupun urine yang masuk, maka arus air akan membawa air yang sudah mulai bagus atau baik untuk lingkungan masuk ke dalam kompartemen ketiga, dimana terdapat media filter sedimentasi yang berfungsi juga sebagai tempat tumbuh berkembangnya bakteri pengurai tinja, apabila masih ada bakteri yang lolos dari kompartemen kedua.
.
Setelah dari kompartemen ketiga maka air akan naik ke atas dan menuju talang air yang berfungsi untuk mengkontaminasi air yang sudah layak buang dengan desinfectan chlorine yang berfungsi sebagai penjaga terakhir apabila masih ada bakteri patogen yang lolos, setelah melalui proses ini air yang keluar sudah ramah lingkungan dan tidak mencemari air tanah di sekitarnya.
.

biofilseptictank.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s