Kampus Terbaik Dunia Berbasis Bisnis dan Ramah Lingkungan

Arsitek C.F. Moller dan C.F. Moller Landscape yang bekerja sama dengan Transform dan Moe telah memenangkan kontes merancang kampus urban terbaru untuk Copenhagen Business School (CBS). Proyek ini bertujuan menciptakan kampus kota terbaik di dunia.

Master plan atau rencana induknya dimaksudkan untuk lingkungan CBS dan kawasan Frederiksberg di Copenhagen, Denmark. Kampus baru dan menarik ini terdiri dari fasilitas mengajar, daerah hijau, dan ruang-ruang perkotaan yang menarik dan inspiratif.

“Bagi kami, proyek ini meliputi keberlanjutan dan menciptakan pengajaran, penelitian dan lingkungan belajar yang terintegrasi dengan kombinasi fungsi eksternal di kota. Desain bangunan ini meliputi juga desain perkotaan dengan area seluas 31.000 meter persegi,” kata Julian Weyer, mitra C.F. Moller.

Universitas berbasis bisnis

CBS adalah unversitas bisnis utama di Denmark. Di kawasan Frederiksberg, universitas yang berdiri di atas jalur metro lama dan baru ini, akan eksis di masa depan untuk menarik banyak siswa di Denmark.

Rencana induk CBS yang baru, fokus pada pelestarian dan penguatan kualitas di daerah universitas tersebut. CBS juga dinyatakan sebagai kampus hijau dengan fitur lanskap, seperti Plaza Rambla dan Solbjerg Plads. Plaza ini, bersama-sama dengan kampusnya, memiliki kualitas arsitektur bangunan tinggi. Tim desain bekerja secara sistematis untuk menciptakan sebuah kampus ideal bertaraf dunia.

“Salah satu visi CBS yang baru, dalam hal ukuran dan pengaruh, universitas harus menjadi simbol bagaimana Denmark dan negara Barat ingin berkembang di masa depan. Universitas harus cerdas, kompak, kreatif, heterogen, dan memiliki hubungan yang kuat dengan kota dan masyarakatnya,” kata Weyer.

Inspirasi dan itensitas perkotaan

Rencana induk CBS menciptakan empat ruang kota baru yang berbeda, mulai dari alun-alun klasik sekitar stasiun metro, sampai taman rekreasi di tengah kampus.

Unsur biru dan hijau dimasukkan sebagai bagian dari strategi adaptasi iklim. Strategi ini berpotensi menjadi titik fokus rekreasi dan tempat pertemuan.

Pentingnya faktor keberlanjutan

C.F. Moller menerapkan kriteria DGNB (Green Building Council Denmark). Kriteria ini meliputi penggunaan metode pengolahan air hujan di taman rekreasi. Proyek ini juga mengakomodasi hubungan sosial. Weyer menekankan, kampus CBS yang baru tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa dan pegawai universitas.

Sebelumnya, terdapat enam tim yang lolos dalam tahap pertama kontes ini. Keenam tim tersebut adalah BIG, COBE, Juul | FROST Arkitekter, Schonherr, Tegnestuen Vandkunsten dan CF Moller. Pada tahap kedua, C.F. Moller muncul sebagai pemenang.

properti.kompas.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s