Desain Kantor Ini Memungkinkan Semua Gerakan Karyawannya Terlihat

Sebuah gedung berlantai enam di Sydney, Australia, baru dibangun untuk perusahaan farmasi Swiss, Novartis. Gedung senilai 41 juta dolar atau Rp 526 miliar ini menunjukkan sebuah tren baru dalam memfasilitasi arsitektur untuk pembangunan kantor.

Dirancang oleh HDR Beras Daubney, tujuan dari pembangunan gedung Macquarie Park seluas 9.885 meter persegi ini adalah untuk memahami Novartis sebagai rangkaian bisnis dan karakter dasar yang mengikat para pekerja.

Bangunan tersebut akan menampung 800 karyawan di seluruh lantai yang terhubung melalui ruang atrium pusat dengan lift kaca dan tangga terbuka. Desain tersebut memungkinkan semua gerakan karyawan akan terlihat.

Ruang tengahnya akan menghubungkan lantai dasar lobi, kafe, dan museum Novartis dengan lantai kantor, ruangan rapat di lantai atas, dan taman atap. Tata letak interior ini bertujuan untuk mengonsolidasikan kebutuhan bisnis sehingga gedung tersebut berkembang menjadi serangkaian ruang untuk meningkatkan interaksi dan budaya kolaborasi dan inovasi perusahaan.

Sementara itu, eksteriornya membentuk bangunan linear persegi panjang yang transparan seperti kotak kaca. Kaca-kaca itu dipancang oleh tiang kayu melengkung dan struktur aluminium yang membentuk inti bangunan.

Proyek ini dirancang untuk mencapai peringkat bintang 5 untuk gedung hijau dari Green Building Council of Australia (GBCA) dan National Australian Built Environment Rating System (NABERS). Rencananya, gedung ini akan selesai dibangun akhir 2015 mendatang.

properti.kompas.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s